Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 7 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Alfaria Trijaya Batam Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening

Tafonao, Rosaman (Unknown)
Suhardi, Suhardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT Alfaria Trijaya Batam yang dimediasi kepuasan kerja karyawan PT Alfaria Trijaya Batam. Desain dari studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausal/ asosiatif. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner kepada 287 responden. Teknik analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, analisis regresi linier, t tes dan F uji melalui aplikasi program SPSS versi 26. Hasil penelitian yaitu 1) Kepemimpinan mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja pegawai, 2) Motivasi kerja mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja pegawai, 3) Kepemimpinan mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan kerja karyawan, 4) Motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan kerja karyawan, 5) Kepuasan kerja mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan, 6) Kepemimpinan mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja, dan 7) Motivasi kerja tidak pengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...