Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 8 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Meningkatkan Kemampuan Numerik pada Anak Usia 5-6 Tahun dengan Media “Warna Yang Hilang”

Yusuf, Mardhiyah Rasyidah (Unknown)
Khoiriyah, Khoiriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Kemampuan numerik merupakan kemampuan kognitif untuk menghitung, mengukur, memahami, dan menginterpretasi perhitungan matematis. Pada saat observasi awal, pembelajaran di sekolah pada anak usia 5-6 tahun, hanya berfokus pada pengerjaan lembar kerja. Sehingga didapatkan hasil bahwa hanya 18,2% anak mengetahui tentang bilangan. Maka, peneliti mencoba menggunakan bantuan media “warna yang hilang” dalam meninggkatkan kemampuan nuumerik anak usia 5-6 tahun tersebut. Media “warna yang hilang” ini dikemas menarik dalam konsep sains, yaitu pembiasan cahaya. Cara kerjanya menggunakan kartu bilangan yang dicelupkan ke dalam wadah berisi air. Kemudian kartu diamati dari atas dengan posisi tegak lurus. Sehingga warna pada kartu bilangan akan tampak menghilang. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, yang diberikan pada kelas B-1, melalui pembelajaran tatap muka, di TK Kartika IV-70, Lumajang, pada semester genap, tahun ajaran 2024-2025. Hasil yang didapat selama observasi yaitu 72,7% anak memiliki ketertarikan dalam memahami angka 1-10 dan kemampuan numeriknya meningkat, setelah pembelajaran menggunakan media “warna yang hiilang”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...