Jurnal Pengabdian Masyarakat (JURDIMAS)
Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat (JURDIMAS)

INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI KUIS BERANIMASI: PELATIHAN PENGGUNAAN CANVA UNTUK GURU SMKN 5 PONTIANAK

Kuway, Susanti Margaretha (Unknown)
Madhiyono, Madhiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2025

Abstract

Di era digital saat ini, metode pembelajaran konvensional semakin ditinggalkan karena kurang menarik minat siswa yang lebih responsif terhadap teknologi dan media visual. Hal ini menantang tenaga pendidik, terutama di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), untuk menghadirkan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Berdasarkan studi, media interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, namun banyak pendidik yang belum memiliki keterampilan dalam memanfaatkan teknologi untuk menciptakan media pembelajaran inovatif. Pelatihan "Inovasi Pembelajaran melalui Kuis Beranimasi" yang dilaksanakan di SMK Negeri 5 Pontianak bertujuan untuk membekali pendidik dengan keterampilan membuat kuis interaktif menggunakan aplikasi Canva. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi digital pendidik. Program ini mencakup tiga tahap: pengenalan materi berbasis AI, simulasi pembuatan kuis animasi, dan praktik langsung. Meskipun pelatihan berjalan lancar, beberapa kendala muncul terkait penggunaan smartphone. Evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap materi yang diajarkan, terutama dalam pentingnya memberikan elemen yang menarik dan pemahaman cara mengkombinasikan dengan visual-audio.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurdimas

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT membuka akses terhadap semua artikel dengan tujuan pertukaran informasi dan pengetahuan secara global, memberi dampak untuk penelitian berikutnya secara khusus di bidang pendidikan. Hal tersebut bermakna: Semua orang dapat mengakses artikel yang terdapat di dalam ...