Penelitian ini berjudul Pemetaan UMKM Produk Khas Aceh Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografi di Kota Banda Aceh. Tujuan Penetian ini adalah untuk memetakan persebaran UMKM produk khas Aceh, untuk memudahkan dalam pengelolaan data secara geografis. Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peta digunakan sebagai media penyaji untuk mendeskripsikan dan menampilkan persebaran lokasi UMKM produk khas Aceh. Data lokasi diperoleh dengan cara mengambil titik koordinat lokasi UMKM menggunakan Google Maps atau melakukan Ploting ke lokasi UMKM menggunakan alat berupa Global Positioning System (GPS) kemudian menumpangkan data tersebut ke peta dasar. Berdasarkan hasil analisis peta maka dapat disimpulkan bahwa terdapat sebanyak 62 UMKM produk khas Aceh yang ada di Kota Banda Aceh. UMKM yang ada di Kota Banda Aceh sangat bervariasi, baik berupa usaha kuliner, kerajinan tangan, pakaian, aksesoris dan lain sebagainya. Jumlah UMKM terbanyak berada di Kecamatan Kuta Alam yaitu 32% dari total UMKM, kemudian diikuti oleh Kecamatan Baiturrahman sebesar 29%, Kecamatan Ulee Kareng sebesar 16%, Kecamatan Meuraxsa sebesar 9%, Kecamatan Leung Bata sebesar 5%, dan yang paling kecil presentasenya di Kecamatan Syiah Kuala, Banda Raya, dan Jaya Baru sebanyak 3% UMKM produk khas Aceh.
Copyrights © 2024