Jurnal Pendidikan Geosfer
Vol 9, No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Geosfer

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GENIALLY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 51 JAKARTA

Prayogo, Muhamad Rio (Unknown)
Munandar, Aris (Unknown)
Lestariningsih, Dwi Sukanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan dari media pembelajaran Genially untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik kelas X di SMA Negeri 51 Jakarta. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas X.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.6 sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian kali ini yaitu uji instrumen, uji persyaratan analisis, dan uji analisis data. Berdasarkan dari hasil pengujian, instrumen dinyatakan valid dan reliabel, serta data dinyatakan normal dan homogen. Berdasarkan dari pengujian data yang diambil di lapangan kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar kognitif yang signifikan dengan perolehan nilai rata-rata menjadi 76,71 dari 50,71. Sedangkan perolehan kelas kontrol dari 49,43 menjadi 66,57. Kesimpulan ini juga didukung dengan perolehan nilai Sig. pada uji t tidak berpasangan sebesar 0,015 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima dikarenakan nilai Sig. 0,05. Sehingga terdapat peningkatan hasil belajar kognitif di kelas X SMAN 51 Jakarta setelah menggunakan media pembelajaran Genially dalam pembelajaran geografi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Pendidikan dan Sains Geografi dengan fokus pembahasan pada: Pendidikan Sosial, Pendidikan Sains, Pendidikan Geografi, Fenomena Geosfer,Kelingkungan & Kewilayahan, Sistem Informasi Geografi, Penginderaan Jauh, Kajian Perpetaan, Evaluasi Lahan, Perencanaan Pembangunan, Pariwisata, serta Demografi, ...