geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi
Vol. 6 No. 1 (2025)

Kesesuaian Antara Dokumen Studi Kelayakan Dan Rencana Pasca Tambang Pada Lahan Tambang PT Kitadin Embalut

Rozi, Fachrul (Unknown)
Setiawan, Yunianto (Unknown)
Hamdhani, Hamdhani (Unknown)
Setyasih, Iya' (Unknown)
Ibrahim, Ibrahim (Unknown)
Rizal, Samsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2025

Abstract

Setiap perusahaan pertambangan diwajibkan untuk menyusun rencana pasca tambang yang terintegrasi dengan studi kelayakan untuk memastikan bahwa kegiatan pasca tambang dilakukan secara bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kesesuaian Dokumen Studi Kelayakan dan Dokumen Rencana Pasca tambang terhadap pelaksanaan pasca tambang, menganalisis kendala-kendala dalam pelaksanaan pasca tambang dan merumuskan rekomendasi strategis untuk keberhasilan program pasca tambang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi sajian literatur, observasi lapangan, dan wawancara dengan pihak terkait. Terdapat 3 program utama dalam pasca tambang yakni Reklamasi, Reklamasi Bentuk Lain dan Program Pemberdayaan Masyarakat. Namun, hasil penelitian menunjukkan terdapat ketidaksesuaian antara dokumen studi kelayakan dan dokumen rencana pasca tambang dan ketidaksesuaian terhadap pemanfaatan kolam bekas tambang (void) yaitu pada void ex Seam 22GS (kolam cinta) yang belum memenuhi baku mutu air limbah. Rekomendasi strategis untuk meningkatkan efektivitas keberhasilan program pasca tambang yakni penyamaan persepsi dokumen, Pedoman Pengembangan Informatif dan Pengelolaan, sehingga keberhasilan program pasca tambang dapat berjalan dengan efektif sesuai dengan rencana.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

geoedusains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Social Sciences

Description

Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi is devoted to original research work on all aspects of geography, including innovative approaches to geography research, teaching, and learning. The journal publishes articles about the results of research and teaching approaches. geoedusains: jurnal ...