Mutu pelayanan merupakan faktor kunci dalam kepuasan pasien di rumah sakit, terutama di unit pendaftaran yang mencakup kemampuan petugas dalam menyampaikan informasi, kecepatan, ketepatan waktu, ketanggapan, dan keandalan. Berdasarkan studi pendahuluan, mayoritas pasien BPJS rawat jalan di RSUD Arjawinangun merasa kurang puas dengan mutu pelayanan yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan pendaftaran dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSUD Arjawinangun. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang digunakan adalah pasien rawat jalan yang mendaftar secara langsung di RSUD Arjawinangun dengan jumlah sampel 99 responden. Hasil penelitian menggunakan uji chi-square (p value 0,002< 0,1) diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan pendaftaran dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di RSUD Arjawinangun. Dengan adanya penelitian ini diharapkan rumah sakit dapat terus meningkatkan dan mempertahankan mutu pelayanan pada tempat pendaftaran pasien rawat jalan, serta dapat menjamin kerahasian pada setiap pasien dan melakukan survei kepuasan secara berkala untuk mengevaluasi kinerja pelayanan kesehatan serta mutu pelayanan.
Copyrights © 2025