Waktu tunggu salah satu faktor penting yang menyebabkakan kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kedawung untuk menganalisis hubungan antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien. Metode yang digunakan adalah kuantitatif analitik dengan pendekatan cross-sectional, melibatkan 96 pasien dan teknik accidental sampling. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 76 pasien (79,2%) mengalami waktu tunggu sesuai Standar Pelayanan Minimal (≤ 60 menit), dan 52 pasien (54,2%) merasa puas. Menghasilkan nilai p = 0,001 (< α 0,05), yang menunjukkan hubungan signifikan antara waktu tunggu dan kepuasan pasien. Oleh karena itu, Puskesmas Kedawung perlu mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan dengan memperhatikan waktu tunggu dan dimensi mutu pelayanan.
Copyrights © 2025