Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan tendangan samping (T) pada materi pembelajaran pencak silat di SMAN 2 Karawang. Dengan populasi seluruh siswa- siswi kelas 10 di SMAN 2 Karawang, dengan sampling yang di gunakan adalah kelas 10.7 dengan teknik pengambilan samplingnya yaitu dengan metode claster sampling dengan jumlah sampling sebanyak 35 siswa/i. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one grup pretest posttets. Instrumen yang di gunakan pada penelitian ini yaitu instrumen keterampilan tendangan samping(T) pencak silat. Analisis dari penelitian ini di bantu dengan menggunakan aplikasi program SPSS versi 26, dengan 4 tahapan yaitu analisis statistik deskriptif, uji nirmalitas dengan saphiro-wilks, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan metode uji berpasangan sederhana t-test. Dari data yang di ambil mendapatkan hasil adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan keterampilan tendangan samping(T) pencak silat pada peserta didik kelas 10.7 di SMAN 2 Karawang. Hal tersebut ditunjukan dengan adanya hasil uji hipoteis dengan sig. sebsar 0,000 yang menujukan bahwa hasil tersebut lebih kecil daro 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat bukti bahwa model pembelajaran inkuiri dapat berpengaruh terhadap eterampilan tendangan samping(T) pencak silat pada peserta didik kelas 10.7 di SMAN 2 karawang.
Copyrights © 2024