Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dan minat belajar mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar dalam belajar numerasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi. Data dikumpulkan melalui triangulasi teknik dengan observasi, wawancara mendalam, dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan model analisis oleh Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti persepsi terhadap relevansi numerasi dalam karir, kualitas pengajaran, dukungan akademik, fasilitas pendidikan, dan sikap terhadap mata pelajaran matematika memiliki pengaruh terhadap motivasi dan minat belajar numerasi. Kesimpulannya, faktor-faktor seperti persepsi relevansi numerasi dalam karir, kualitas pengajaran, dukungan akademik, fasilitas pendidikan, dan sikap terhadap matematika memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi dan minat mahasiswa PGSD dalam belajar numerasi. Untuk meningkatkan motivasi dan minat tersebut, penting bagi lembaga pendidikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini dan menerapkan strategi yang mendukung, seperti memperbaiki kualitas pengajaran, menyediakan dukungan akademik yang memadai, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Temuan ini memberikan dasar bagi pengembangan kebijakan dan praktik yang dapat meningkatkan pengalaman belajar numerasi bagi mahasiswa PGSD, sehingga mereka dapat lebih siap untuk mengajarkan materi numerasi dengan efektif di sekolah dasar.
Copyrights © 2024