Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol. 2 No. 02 (2022): Artikel Riset Edisi Agustus 2022

Rancangan Media Permainan Ular Tangga pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Penyebut Berbeda di Sekolah Dasar: Media Pembelajaran

Malik, Nurika (Unknown)
Karlimah, Karlimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini berdasarkan hasil identifikasi di lapangan bahwa kurangnya ketersediaan media pembelajaran pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan penyebut berbeda di sekolah dasar. Penggunaan papan tulis dan buku paket dirasa belum cukup, maka diperlukan media yang dapat membantu proses pembelajaran sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa permainan ular tangga matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan penyebut berbeda di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan Design Based Research (DBR) dengan model Reeves melalui dua tahap saja yaitu pertama identifikasi dan analisis masalah oleh peneliti dan praktisi secara kolaboratif dan kedua mengembangkan solusi yang didasarkan patokan teori, design principle yang ada dan inovasi teknologi. Proses perancangan media seluruhnya menggunakan aplikasi canva. Dengan adanya media permainan ular tangga materi penjumlahan dan pengurangan pecahan penyebut berbeda di sekolah dasar diharapkan dapat memberikan kontribusi terrhadap pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educendikia

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan multi-disiplin ilmu, baik pembelajaran dalam jaringan juga luar jaringan, merdeka belajar, pengembangan metode belajar pembelajaran terkini yang merujuk pada semua tingkat usia dan yang berkaitan dengan ...