Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol. 4 No. 01 (2024): Artikel Riset Edisi April 2024

Analisis Kebutuhan Pengelolaan Tenaga Administrasi Madrasah

Arfanaldy, Sehan Rifky (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Pengelolaan tenaga administrasi di madrasah menjadi aspek kunci dalam menentukan efisiensi, efektivitas, dan kualitas pelayanan pendidikan. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia telah mengalami perkembangan signifikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, termasuk madrasah. Peneliti di lapangan telah menemukan adanya ketidaksesuaian jumlah tenaga administrasi sekolah dengan peraturan yang berlaku. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan analisis data yang digunakan dengan motode deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan administrasi yang dilakukan oleh tenaga administrasi di MTs Al Hidayah terdapat 6 bagian, dengan jumlah tenaga administrasi sekolah 6 orang. Adapun keenam urusan tersebut yang pertama adalah urusan administrasi sarana dan prasarana, kedua urusan administrasi umum, ketiga urusan administrasi kesiswaan, keempat urusan administrasi kepegawaian, kelima urusan administrasi kearsipan dan yang keenam urusan administrasi layanan khusus terutama pada bagian operator emis, hal ini tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah. Jadi dapat diambil kesimpulan yakni ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan tenaga admnistrasi sekolah antara lain: penempatan posisi yang tepat, pembinaan dan pengembangan kompetensi, pengawasan, dan evaluasi kinerja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educendikia

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan multi-disiplin ilmu, baik pembelajaran dalam jaringan juga luar jaringan, merdeka belajar, pengembangan metode belajar pembelajaran terkini yang merujuk pada semua tingkat usia dan yang berkaitan dengan ...