Geometri menjadi salah satu materi yang cukup sulit bagi siswa khususnya kerucut. Pembelajaran yang menekankan hafalan rumus tanpa mengetahui konsep sehingga mengakibatkan siswa kesulitan memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain lintasan belajar siswa melalui konteks Tradisi Sesaji Rewanda pada materi kerucut berbasis PMRI dengan aplikasi media pembelajaran berbantuan Adobe Animate. Metodologi yang digunakan adalah design research dengan mengacu pada 3 tahapan yang dikembangkan oleh Gravemeijer Cobb (2006) yaitu preliminary design, design experiment, dan retrospective analysis. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IX SMP N di Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar pada tradisi Sesaji Rewanda mampu meningkatkan antusias siswa dalam belajar matematika. Kegiatan yang dirancang dalam penelitian ini dapat meningkatkan antusiasme serta pemahaman siswa terhadap materi kerucut. Penggunaan apilkasi Adobe Animate mempunyai peran yang signifikan dalam mendorong pemahaman siswa. Selanjutnya, hipotesis lintasan belajar kerucut yang dihasilkan pada penelitian ini dapat dilaksanakan pada tahap eksperimen dengan melibatkan seluruh siswa di kelas untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan membantu siswa dalam pembelajaran yang bermakna.Kata kunci: Adobe animate, desain research, kerucut, PMRI, sesaji rewanda
Copyrights © 2024