Marketplace merupakan platfrom yang banyak bermunculan di era digital saat ini, platfrom ini digunakan untuk proses jual beli secara online salah satu aplikasi yang sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia adalah Shoppe dan Tokopedia. Faktor utama yang menarik perhatian pengguna di lihat dari tampilan User Interface dan User Experience pada aplikasi Shopee dan Tokopedia. Dilakukanya penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kepuasan pengguna terhadap tampilan pada aplikasi Shopee dan Tokopedia. Penelitian ini di lakukan di PT Torabika Eka Semesta Divisi Glucose dengan total responden sebanyak 74 orang yang dilanjutkan oleh uji instrument untuk membuktikan bahwa kuesioner yang di sebarkan dapat digunakan sebagai bahan penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, kuesioner harus melebihi ambang batas minimum yaitu 0,191 untuk uji validitas dan 0,70 untuk uji reliabilitas, sehingga kuesioner dinyatakan valid dan reliabel serta dapat digunakan sebagai bahan penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan dua metode yaitu End User Computing Satisfication dan metode Heuristic Evaluation. Penelitain dengan metode Heuristic memiliki Tingkat kepuasan yang paling tinggi ada pada aplikasi Tokopedia dengan Tingkat kepuasan 83,7 % diikuti aplikasi shopee 82,5 %. Penelitian dengan metode EUCS memiliki tingkat kepuasan yang paling tinggi ada pada aplikasi Shoppe dengan nilai Tingkat kepuasan 84,0 % diikuti oleh Tokopedia dengan nilai tinggkat kepuasan 83,2 %.
Copyrights © 2024