JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Vol. 10 No. 1 (2025): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)

Pengaruh live streaming, promosi penjualan dan ulasan pelanggan terhadap pembelian implusif penggguna tiktok shop

Maharani, Dinda Dewi (Unknown)
Wahyudi, Henri Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh live streaming, promosi penjualan, dan ulasan pelanggan terhadap pembelian impulsif oleh pengguna toko TikTok di Surakarta. Latar belakangnya adalah maraknya penggunaan TikTok sebagai platform e-commerce yang secara interaktif menggabungkan unsur hiburan dan pemasaran digital. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan mengikuti pendekatan asosiatif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner daring dengan purposive sampling dari 150 responden yang memenuhi kriteria. Analisis dilakukan dengan menggunakan structural equality modeling (SEM) berbasis partial least squares (SmartPLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas—live streaming, promosi penjualan, dan ulasan pelanggan—memiliki pengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap pembelian impulsif. Live streaming memungkinkan terjadinya interaksi secara real-time yang menciptakan kepercayaan dan urgensi. Promosi penjualan memberikan dorongan emosional melalui diskon dan penawaran waktu terbatas. Ulasan pelanggan memberikan pengaruh sosial yang memperkuat keputusan pembelian spontan. Temuan ini memberikan implikasi strategis bagi perusahaan yang mengelola konten dan promosi di toko TikTok untuk mendorong pembelian impulsif konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrti

Publisher

Subject

Education

Description

JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) ISSN: 2502-079X (Print), ISSN: 2503-1619 (Electronic) is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education research. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that are of local and ...