Pembelajaran bahasa Inggris sangat penting karena bahasa ini telah menjadi bahasa internasional yang selalu digunakan di berbagai bidang, seperti pendidikan, bisnis, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Pemahaman dan penguasaan bahasa Inggris memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mempersiapkan diri sendiri untuk berpartisipasi secara aktif di zaman yang sudah maju ini. Meskipun bahasa Inggris diajarkan sejak sekolah dasar, namun mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam memahami tata bahasa terutama dalam penggunaan kata benda ( countable dan uncountable nouns ). Studi kualitatif ini dilakukan melalui wawancara di platform WhatsApp Messenger dengan melibatkan 5 mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD ), penelitian ini mengidentifikasi sejauh mana mahasiswa mampu memahami dan menerapkan aturan-aturan khusus countable dan uncountable nouns dalam sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi tingkat pemahaman mahasiswa, serta kesulitan dan tantangan yang mereka hadapi dalam menguasai materi countable dan uncountable nouns Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian mahasiswa telah memhami konsep dasar dan penggunaan countable dan uncountable nouns. Tetapi, terdapat beberapa factor yang menjadi tantangan utama (1) kesulitan dalam aturan-aturan khusus yang spesifik seperti penggunaan artikel "a" atau "an" yang digunakan pada countable nouns dan penggunaan "some" dan “any” yang digunakan untuk menunjukkan jumlah, (2) kesulitan dalam penggunaan “some” dan “any” dalam kalimat negatif, (3) perbedaan struktur bahasa Inggris berbeda dengan struktur bahasa Indonesia, dan (4) terbatasnya kosakata. Berdasarkan temuan ini, mahasiswa membutuhkan pendalaman materi countable dan uncountable nouns dan latihan lebih lanjut agar mampu menguasai penggunaan countable dan uncountable nouns.
Copyrights © 2024