Karimah Tauhid
Vol. 3 No. 12 (2024): Karimah Tauhid

Terpaan Iklan Spaylater

Nuryana (Unknown)
Setiawan, Koesworo (Unknown)
Fitriah, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Perilaku konsumtif adalah fenomena yang sering terjadi dalam masyarakat, khususnya di daerah perkotaan. Fenomena ini menarik untuk diteliti karena perilaku konsumtif memiliki dampak signifikan pada kehidupan remaja di kota-kota besar, khususnya mahasiswa yang belum memiliki kemampuan finansial penuh untuk memenuhi kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh iklan Shopee PayLater (SPayLater) terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Data dianalisis menggunakan Regresi Linear Sederhana, Koefisien Determinasi, dan pengujian hipotesis dengan Uji T. Pengumpulan data utama dilakukan melalui kuesioner dengan pertanyaan terstruktur menggunakan skala Likert. Data sekunder diperoleh dari literatur yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan iklan memperoleh nilai mean 3,63 yang tergolong tinggi. Skor tertinggi pada indikator Intensitas juga termasuk dalam kategori tinggi. Sementara itu, perilaku konsumtif memperoleh nilai mean 3,82 yang juga tergolong tinggi. Skor tertinggi pada indikator Pembelian Impulsif (impulsive buying) termasuk dalam kategori tinggi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terpaan iklan SPayLater memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...