Pemasaran merupakan tindakan penting yang harus dilakukan oleh bisnis barang dan jasa untuk tetap eksis. Hal ini dikarenakan pemasaran menjadi salah satu aktivitas perusahaan yang berhubungan langsung dengan konsumen. Jadi, pemasaran dapat diartikan sebagai aktivitas manusia yang terkait dengan pasar (Rambe & Aslami, 2022). Upaya untuk meningkatkan taget pasar yaitu dengan strategi pemasaran, Strategi pemasaran adalah cara memasarkan suatu produk atau jasa dengan menerapkan rencana dan metode tertentu untuk meningkatkan penjualan. Dengan strategi penjualan yang baik produk akan dikenal oleh banyak orang. Strategi pemasaran dapat didefinisikan sebagai serangkaian tindakan yang diambil perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Syahputra, 2019). Penelitian ini menggunakan metode Analysis Hierarchy Process sebagai pengambilan keputusan strategi pemasaran produk pangan. Metode penelitian ini adalah studi literatur artikel berupa riview beberapa jurnal nasional yang berkaitan dengan strategi pemasaran pada produk pangan menggunakan metode Analysis Hierarchy Process. Berdasarkan hasil literatur riview masing-masing strategi pemasaran memiliki alternatif strategi yang berbeda. Setiap strategi pemasaran memiliki prioritas yang berbeda-beda juga. Setiap tahapan matriks yang dilalui memiliki fungsi yang berbeda-beda, matriks IFE digunakan untuk menilai kekuatan dan kelemahan internal Perusahaan, matriks EFE digunakan untuk mengevaluasi peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal, matriks IE untuk menentukan posisi Perusahaan, matriks SWOT untuk merumuskan strategi yang tepat untuk memaksimalkan potensi dan menghadapi tantangan dan Metode AHP untuk membantu mengambil keputusan dan membuat alternatif strategi.
Copyrights © 2024