Kemampuan motorik beberapa siswa kelas 2 yang tidak berkembang seperti temansebayanya di MIS Mathla’ul Anwar menjadi salah satu hal yang melatarbelakangi adanya penelitian ini. Permainan engklek menjadi pilihan sebagai permainan yang diharapkan mampu memberikan stimulus terhadap perkembangan motorik siwa. Penelitiani ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana perkembangan motorik siswa kelas 2 serta apakah permainan engklek dapat mempengaruhi perkembangan motorik siswa kelas 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskripstif yang didasarkan pada proses berpikir induktif dengan teknik pengumpulan data melalui proses observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumen pendukung. Subjek penelitian terdiri dari 28 siswa/i dan seorang guru yaitu wali kelas 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan motorik siswa/i kelas 2 berkembang dengan baik, namun terdapat tiga orang siswa yang perkembangan motoriknya lebih lamban dari teman sebayanya. Permainan engklek yang jarang dimainkan oleh siswa/i terkhusus kelas 2 terbukti dapat memberikan stimulus yang cukup baik terhadap perkembangan motorik siswa. Jadi, permainan engklek dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan motorik siswa yang terhambat.
Copyrights © 2024