Pembelajaran IPS di sekolah dasar masih menghadapi kendala berupa rendahnya pemahaman siswa, minimnya alat peraga, dan kurangnya motivasi belajar. Namun demikian, inovasi dalam metode pembelajaran seperti storytelling, media digital, dan Project-Based Learning (PBL) menunjukkan potensi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas ketiga metode tersebut dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui kajian literatur yang bersumber dari jurnal-jurnal yang ada di Google Scholar serta wawancara dengan murid untuk memperoleh pendapat langsung mengenai efektivitas metode pembelajaran yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa storytelling dapat membuat materi sejarah lebih menarik dan mudah dipahami, media digital membantu untuk mencari peta konsep geografi secara interaktif, dan PBL mendorong keterlibatan serta motivasi siswa. Dengan dukungan yang tepat, ketiga metode ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS secara signifikan.
Copyrights © 2025