Belajar bahasa Inggris hingga saat ini masih tergolong sulit bagi para siswa, terutama di kalangan siswa Tingkat Sekolah Dasar. Kesulitan belajar didasari oleh motivasi belajar, asupan bahasa Inggris, sarana prasarana, materi pembelajaran dan lingkungan belajar. Kesulitan yang sering dihadapi oleh siswa adalah pada kemampuan pronunciation atau pelafalan. Kemampuan berbicara dan membaca merupakan keterampilan utama dalam menunjukkan kemahiran berbahasa Inggris. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan kedua keterampilan ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi siswa dalam belajar bahasa Inggris, khususnya dalam aspek berbicara dan membaca. Di era globalisasi, keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris semakin penting. Namun, siswa sekolah dasar masih mengalami kendala dalam berbicara dan membaca dengan baik. Langkah awal yang sangat penting untuk mengatasi masalah pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar adalah memahami dan menganalisis kesulitan yang dihadapi siswa dalam keterampilan berbicara dan membaca.
Copyrights © 2025