Kurikulum Merdeka memberikan ruang kebebasan bagi guru dan siswa untuk menciptakan proses pembelajaran yang bermakna serta menekankan penguatan karakter melalui Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendekatan disiplin positif melalui kesepakatan kelas sebagai upaya penguatan karakter disiplin siswa di SDIT Al Husna Cicurug. Metode yang digunakan kualitatif menggunakan pendekatan studi lapangan teknik yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasakarna hasil temuan penelitian kesepakatan kelas yang disusun secara partisipatif oleh guru dan siswa mampu meningkatkan kesadaran, tanggung jawab, serta kedisiplinan siswa dalam berperilaku. Strategi yang digunakan meliputi komunikasi apresiatif, pemberian konsekuensi logis, dan penyusunan kesepakatan berbasis nilai bersama. Meskipun ditemukan beberapa tantangan seperti rendahnya motivasi intrinsik siswa dan kurangnya konsistensi pengurus kelas, pendekatan ini tetap efektif dalam menciptakan budaya disiplin positif. Kesepakatan kelas terbukti menjadi sarana strategis untuk membentuk karakter siswa secara berkelanjutan, sehingga mampu mewujudkan lingkungan belajar yang merdeka, demokratis, dan bertanggung jawab.
Copyrights © 2025