Pembelajaran kooperatif, terutama jenis Team Game Tournament (TGT), telah menunjukkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa melalui kerja sama kelompok dan faktor kompetisi. Namun, implementasinya di pembelajaran bahasa Inggris pada sekolah dasar masih perlu lebih diketahui. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas TGT di pembelajaran bahasa Inggris dengan perhatian pada peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan analisis tematik terhadap artikel yang diterbitkan antara tahun 2016-2025. Data diambil dari Google Scholar dan disaring menggunakan kriteria PICOS. Temuan penelitian menunjukkan bahwa TGT efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris, keterlibatan mahasiswa, serta keterampilan sosial dan kerja sama. Meskipun demikian, permasalahan terkait pengelolaan kelas dan penurunan fokus siswa pun ditemukan. Dapat disimpulkan, TGT telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar murid, walaupun masalah implementasi perlu dipertimbangkan untuk keberhasilan maksimal.
Copyrights © 2025