Karimah Tauhid
Vol. 4 No. 9 (2025): Karimah Tauhid

Pendekatan Community Language Learning (CLL) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Imawan, Nafisah Putri (Unknown)
Anggraeni, Syahyuni Anggun (Unknown)
Hediyansah, M. Hamid (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Bahasa inggris adalah Perkembangan teori psikologi telah memberikan kontribusi signifikan terhadap dunia pendidikan, termasuk dalam pendekatan pembelajaran bahasa. Sejumlah psikolog berupaya mengadopsi prinsip-prinsip psikologis ke dalam proses pembelajaran agar siswa dapat menerima materi dengan lebih terbuka, nyaman, dan efektif. Salah satu pendekatan yang lahir dari gagasan tersebut adalah pendekatan pembelajaran kelompok dalam pengajaran bahasa yang mempertimbangkan aspek kepribadian, emosi, dan motivasi siswa. Dari dasar pemikiran ini, muncullah metode pembelajaran bahasa yang dikenal dengan Community Language Learning (CLL). Metode ini mengintegrasikan prinsip-prinsip konseling dalam proses pembelajaran, di mana guru berperan sebagai konselor dan siswa sebagai klien yang belajar dalam suasana kolaboratif dan suportif. CLL bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman secara emosional, sehingga peserta didik merasa lebih percaya diri dan termotivasi dalam menggunakan bahasa target. Artikel ini membahas konsep dasar, prinsip, serta implikasi penerapan Community Language Learning dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris, terutama sebagai strategi pembelajaran yang humanistik dan berorientasi pada kebutuhan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...