Karimah Tauhid
Vol. 4 No. 9 (2025): Karimah Tauhid

Analisis Isi Modul Ajar Bahasa Inggris SD Berbasis Discovery Learning dan Teknologi AI: Kajian Reflektif dalam Bingkai Kurikulum Merdeka

Prisilla Aulia Insyani (Unknown)
Mega Febriani Sya (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2025

Abstract

Modul ajar memiliki peran strategis dalam mendukung perencanaan pembelajaran yang aktif dan kontekstual, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur dan konten modul ajar Bahasa Inggris kelas IV SD bertema “What Are You Doing?” yang dirancang oleh penulis dengan pendekatan Discovery Learning dan pemanfaatan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi terhadap dokumen modul ajar yang dirancang oleh penulis. Data dikaji dari komponen-komponen utama, meliputi tujuan pembelajaran, langkah kegiatan, media pembelajaran, asesmen, dan refleksi siswa. Analisis dilakukan berdasarkan lima fokus: penerapan Discovery Learning, pemanfaatan teknologi AI, keterlibatan siswa, relevansi dengan Profil Pelajar Pancasila, serta asesmen dan refleksi. Proses analisis dilakukan secara deskriptif dengan mengamati, mengklasifikasikan, dan menafsirkan isi modul sesuai prinsip pedagogis di tingkat SD. Hasil menunjukkan bahwa modul telah mencerminkan prinsip pembelajaran aktif, namun masih diperlukan penguatan pada aspek refleksi, asesmen afektif, dan integrasi teknologi yang lebih adaptif. Temuan ini memberikan masukan untuk pengembangan modul ajar yang lebih inovatif dan sesuai dengan arah Kurikulum Merdeka dan tuntutan pembelajaran abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...