Karimah Tauhid
Vol. 4 No. 9 (2025): Karimah Tauhid

Analisis Isi Modul Ajar Berbasis Game-Based Learning: Pemanfaatan Media AI Zep Quiz untuk Meningkatkan Pemahaman Teks Naratif

Ramadhani, Anatasya Dhiva (Unknown)
Sya, Mega Febriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi modul ajar Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar yang berfokus pada kemampuan memahami teks naratif. Modul disusun dengan memadukan pendekatan Discovery Learning dan Game-Based Learning untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan kontekstual. Salah satu keunggulan modul ini terletak pada penggunaan media digital berbasis kecerdasan buatan (AI), yaitu Zep Quiz, sebagai alat evaluasi interaktif yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa serta mengembangkan keterampilan literasi digital mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kualitatif, dengan menelaah aspek-aspek utama dalam modul, seperti tujuan pembelajaran, materi ajar, strategi, media, dan asesmen. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul telah sesuai dengan prinsip kurikulum merdeka dan turut mendukung penguatan karakter melalui nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Modul ini juga menyediakan bentuk asesmen yang variatif dan kontekstual. Oleh karena itu, modul ini berpotensi menjadi salah satu alternatif dalam pengembangan perangkat ajar Bahasa Indonesia yang relevan dengan kebutuhan siswa saat ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...