Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi modul ajar Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar yang berfokus pada kemampuan memahami teks naratif. Modul disusun dengan memadukan pendekatan Discovery Learning dan Game-Based Learning untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan kontekstual. Salah satu keunggulan modul ini terletak pada penggunaan media digital berbasis kecerdasan buatan (AI), yaitu Zep Quiz, sebagai alat evaluasi interaktif yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa serta mengembangkan keterampilan literasi digital mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kualitatif, dengan menelaah aspek-aspek utama dalam modul, seperti tujuan pembelajaran, materi ajar, strategi, media, dan asesmen. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul telah sesuai dengan prinsip kurikulum merdeka dan turut mendukung penguatan karakter melalui nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Modul ini juga menyediakan bentuk asesmen yang variatif dan kontekstual. Oleh karena itu, modul ini berpotensi menjadi salah satu alternatif dalam pengembangan perangkat ajar Bahasa Indonesia yang relevan dengan kebutuhan siswa saat ini.
Copyrights © 2025