Karimah Tauhid
Vol. 4 No. 9 (2025): Karimah Tauhid

Pendampingan Belajar yang diterapkan Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Disleksia

Lestari, Wangi Dema (Unknown)
Rasmitadila (Unknown)
Hasnin, Hanrezi Dhania (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2025

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk generasi berkualitas, untuk menunjang hal tersebut penguasaan keterampilan membaca menjadi dasar keberhasilan dalam membaca. Namun, beberapa siswa sekolah dasar mengalami hambatan membaca, khsusnya bagi siswa dengan disleksia, yang tentunya memerlukan strategi pembelajaran khsus. Penelitian ini memiliki tujuan dalam strategi pendampingan belajar yang diterapkan guru kelas dalam mengatasi kesulitan membaca siswa disleksia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kerangka positivisme dalam Simple Research Design. Data yang diperoleh yaitu mellaui wawancara, observasi dan dokumentadi di SDN Tajur Halang 03, Kabupaten Bogor pada bulan Januari sampai Juni 2025. Dengan subjek penelitian guru kelas III dan siswa disleksia yang mengalami kesulitan membaca. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi guru meliputi pendekatan interpersonal langsung untuk membangun kepercayaan diri siswa, penyesuaian metode pengajaran sesuai kebutuhan individu, kolaborasi intensif antara guru dan orang tua, serta evaluasi pembelajaran berkala. Guru juga menerapkan pembelajaran kosa kata baru, metode membaca iqro, pemanfaatan media pembelajaran seperti buku bergambar dan buku cerita, serta variasi metode untuk menjaga fokus siswa. Hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan sarana prasarana dan kurangnya modifikasi media pembelajaran khusus bagi siswa disleksia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...