Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan media gambar berseri untuk menumbuhkan keberanian berbicara pada siswa kelas III SDN 3 Selajambe. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keberanian berbicara siswa, yang ditandai dengan sikap pasif, enggan menjawab pertanyaan, serta rasa takut salah atau malu berbicara di depan kelas. Kondisi tersebut mempengaruhi metode pembelajaran yang kurang variatif dan penggunaan media yang kurang menarik. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes lisan, dengan subjek guru dan 21 siswa kelas III. Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta triangulasi sumber dan teknik untuk menjaga validitas. Hasil penelitian menunjukkan media gambar berseri efektif meningkatkan keberanian berbicara siswa. Media ini memudahkan penyusunan ide secara runtut, mengurangi rasa takut, dan memotivasi siswa untuk aktif berbicara. Hasil tes lisan menunjukkan peningkatan nilai rata-rata menjadi 84%, dibandingkan kondisi awal di mana hanya 30% siswa yang berani berbicara. Peran guru sangat penting dalam memilih media, memberi bimbingan, dan menciptakan suasana belajar yang aman. Disarankan penelitian selanjutnya menerapkan media ini pada keterampilan bahasa lain dan mengombinasikannya dengan teknologi digital.
Copyrights © 2025