Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Inggris siswa kelas III SDN 3 Selajambe. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya penguasaan kosakata siswa yang berdampak pada kesulitan memahami dan menggunakan bahasa Inggris baik secara lisan maupun tertulis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 21 siswa kelas III dan guru kelas III. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media flashcard secara terstruktur dan interaktif mampu meningkatkan rata-rata penguasaan kosakata siswa dari 39,95% sebelum pembelajaran menjadi 85,66% setelah pembelajaran. Selain peningkatan secara kuantitatif, ditemukan pula peningkatan kualitatif berupa meningkatnya motivasi, keterlibatan aktif, dan rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran. Media flashcard dinilai efektif karena menggabungkan elemen visual, pengulangan, dan latihan penarikan informasi. Dengan demikian, media ini direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran kosakata yang efektif dan kontekstual di sekolah dasar.
Copyrights © 2025