Karimah Tauhid
Vol. 4 No. 11 (2025): Karimah Tauhid (on proses)

Peran Komunikasi Melalui Konten Reels dalam Meningkatkan Brand Awareness di Instagram RRI_BOGOR

Nurrahmah, Ayunisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2025

Abstract

Instagram, sebagai bagian dari media sosial, menempati posisi strategis dalam menjangkau populasi audiens. Menariknya, Indonesia adalah pasar Instagram Reels terbesar di dunia, menempati posisi keempat setelah India, Amerika Serikat, dan Brasil. Hal ini menjadikan Reels sebagai alat yang efektif untuk membangun brand awareness. Menjadikan langkah pertama dalam membentuk sebuah merek produk. Berdasarkan Uses and Gratifications teori yang dikemukakan oleh Elihu Katz, Jay G. Blumler, dan Michael Gurevitch, media digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu dari individu. Kondisi ini membawa RRI Bogor pada kebutuhan mendesak untuk berinovasi melalui konten digital, termasuk konten Reels. Penelitian ini bertujuan untuk memahami cara konten Reels digunakan untuk berkomunikasi hingga dikenali audiens. Hasil analisis ini diharapkan dapat membantu memahami lebih baik kemampuan konten Reels dalam upaya meningkatkan brand awareness RRI Bogor. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Dengan fokus pada pengungkapan peran komunikasi dengan informasi yang padat dalam waktu singkat, sehingga RRI Bogor dapat membangun brand awareness, serta meningkatkan brand recognition dan brand recall.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...