REFLEKSI EDUKATIKA
Vol 8, No 2 (2018): Juni 2018

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN MANAJEMEN KELAS BEGINNING OF EFFECTIVE TEACHING MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Prasetyaningtyas, Fitria Dwi (Unknown)
Wulandari, Desi (Unknown)
Sismulyasih, Nugraheti (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran melalui Penerapan Manajemen Kelas Beginning Of Effective Teaching Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (2)  peningkatkan pemahaman Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dengan penerapan Manajemen Kelas Beginning Of Effective Teaching.Penelitian ini merupakan campuran antara penelitian kulaitatif dan kuantitatif. Penelitian kualitatif dipilih untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Manajemen Kelas Beginning Of Effective Teaching. Penelitian kuantitatif yang berupa pre eksperimental design yaitu one –group pretest-postest design, untuk melihat pemahaman konseptual mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan pendekatan Manajemen Kelas Beginning Of Effective TeachingHasil penelitiannya (1) pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Manajemen Beginning Of Effective Teaching  dilaksanakan dengan langkah-langkah pembelajaran (a) opening (pembuka), (b) ice breaking (menumbuhkan semangat), (c) presentation (mengajarkan materi pelajaran), (d) exercises and correction (latihan dan koreksi), (e) students talk time (waktu berbicara peserta didik) (f). explanation conclusions and closing (kesimpulan penjelasan dan penutupan). (2) penerapan pendekatan Manajemen Beginning Of Effective Teaching dapat meningkatkan pemahaman bagi mahasiswa PGSD UNNES, ditunjukkan dengan peningktan hasil belajar dari pre test (sebelum pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Manajemen Beginning Of Effective Teaching ) mencapai rata-rata 35,0 menjadi hasil belajar dari post test (sesudah pembelajaran dengan menggunakan Manajemen Beginning Of Effective Teaching) mencapai rata-rata 74,6.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

RE

Publisher

Subject

Education

Description

Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan menampung artikel ilmiah hasil penelitian dan/atau gagasan ilmiah dari Akademisi Perguruan Tinggi, Peneliti dan Guru-guru Sekolah Dasar dari seluruh Indonesia dan/atau dari luar negeri. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan terbit secara ...