Kerjasama merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap individu siswa mampu sebagai manusia dalam kehidupannya. Berdasarkan hasil observasi awal mengenai kerjasama siswa di SMA NW Kopang Lombok Tengah terlihat sangat rendah yaitu 25,75% siswa masih kurang akan hal kerjasama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran penjas memberikan pengaruh terhadap kerjasama siswa dalam pembelajaran penjas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan instrumen lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA NW Kopang Lombok Tengah, dengan subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas X yang berjumlah 20 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran permainan penjas memberikan pengaruh terhadap kerjasama siswa dalam pembelajaran penjas pada siswa kelas X di SMA NW Kopang Lombok Tengah. Hasil analisis keterampilan bermain menunjukkan terjadinya kenaikan persentase dari observasi awal (25,75%) sampai tes siklus II tindakan II (84%). Tes kerjasama menunjukkan peningkatan persentase dari observasi awal (25,75%) sampai ke tes siklus II tindakan II (84%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran penjas dapat meningkatkan kerjasama siswa kelas X SMA NW Kopang Lombok Tengah
Copyrights © 2024