Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan media kardus sebagai alat bantu dalam pembelajaran senam lompat kangkang pada siswa kelas V SDN Kedungwuluh VI Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus melibatkan penilaian aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kedungwuluh VI Purwokerto sebanyak 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan siswa dalam memahami dan melaksanakan teknik lompat kangkang. Pada aspek kognitif, sebanyak 67,57% siswa menunjukkan pemahaman yang baik terhadap gerakan senam, sementara aspek afektif dan psikomotorik juga mengalami peningkatan, masing-masing mencapai 51,35% dan 67,57% pada kategori baik. Penggunaan media kardus terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam konteks keterbatasan sarana dan prasarana. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi pendidikan jasmani di sekolah dasar, dengan menunjukkan bahwa alat bantu sederhana dapat meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media kardus sebagai solusi alternatif yang inovatif untuk mendukung pembelajaran fisik di sekolah dasar.
Copyrights © 2024