Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 3 (2025)

Pemerataan Akses Pendidikan Inklusi Anak Usia Dini di Indonesia: A Scoping Review

Asdhar, Haztika Jihadania (Unknown)
Yoenanto, Nono Hery (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam memperluas akses pendidikan inklusi bagi anak usia dini di Indonesia. Metode yang digunakan adalah scoping review dengan seleksi artikel berbasis metode PRISMA. Terdapat 7 artikel yang dibahas pada penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa terdapat beberapa tantangan utama berupa kurangnya pelatihan guru, keterbatasan sarana dan prasarana, serta stigma masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK). Selain itu, kurikulum yang tidak fleksibel dan dukungan transportasi yang minim. Namun, peluang signifikan ditemukan melalui kebijakan pemerintah, peningkatan kualitas guru, dukungan dari komunitas lokal serta organisasi internasional. Penelitian ini merekomendasikan kolaborasi antara pihak terkait untuk menciptakan sistem pendidikan inklusi yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...