Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 6 (2025): In Progress

Peningkatan Pra Menulis Anak Tunarungu Melalui Permainan Sensomotorik: Classroom Action Research

Sulisnuryati, Sulisnuryati (Unknown)
Pujaningsih, Pujaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2025

Abstract

Anak tunarungu sering menghadapi hambatan pra-menulis karena keterbatasan sensorimotor yang berdampak pada koordinasi tangan–mata dan kontrol motorik halus. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas permainan sensomotorik dalam meningkatkan kemampuan pra-menulis anak tunarungu usia dini. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis & McTaggart dalam tiga siklus dengan subjek dua anak berusia 6–7 tahun yang memiliki hambatan pendengaran berat. Data dikumpulkan melalui observasi menggunakan instrumen 17 indikator kemampuan pra-menulis (skor 0–3), wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Validitas instrumen diperoleh melalui expert judgment (CVI = 0,87) dan reliabilitas antarpenilai (? = 0,82). Analisis dilakukan secara deskriptif persentase. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan: skor rata-rata naik dari 21,6% menjadi 82,3%, dengan AD dari 19,6% ke 76,5% dan NY dari 23,5% ke 88,2%. Simpulan, permainan sensomotorik efektif mengubah kemampuan pra-menulis dari kategori kurang menjadi sangat baik, serta dapat diintegrasikan guru TKLB sebagai strategi pembelajaran berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...