Dalam kegiatan pembelajaran menulis cerpen ditemukan bahwa masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam menulis cerpen, hal ini terjadi karena model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen dengan model kontekstual pada siswa kelas X-1 SMA Free Methodist Medan. Dalam penelitian ini digunakan model kontekstual agar memudahkan peserta didik lebih berperan pada pembelajaran menulis cerpen. Subjek penelitian siswa kelas X-1 SMA Free Methodist Medan berjumlah sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes keterampilan menulis cerpen dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen. Peningkatan keterampilan siswa pada siklus I memiliki ketuntasan menulis isi cerpen sebanyak 7 siswa dengan nilai rata-rata 60,55 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 38,88%. Kemudian meningkat menjadi 18 siswa yang tuntas menulis cerpen dengan nilai rata-rata 83,05 pada siklus II dan ketuntasan secara klasikal sebesar 100%.
Copyrights © 2019