Aliterasi: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia
Vol. 4 No. 02 (2024): Vol. 4 No. 02 (2024): Maret | Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra Indonesia|

KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 JEUNIB

Tutiawati (Unknown)
Nia Astuti (Unknown)
Muhammad Darwis (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Permasalahan mendasar di SMPN 2 Jeunib adalah rendahnya prestasi belajar siswa dalam memahami teks proses dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui efektivitas media pembelajaran digital dalam mengembangkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mengaplikasikan teks prosedur. 2. Mengidentifikasi perubahan hasil belajar siswa dalam proses penyusunan setelah menggunakan media pembelajaran digital. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan desain pra-eksperimen. Responden penelitian ini adalah 19 siswa kelas VII/I SMPN 2 Jeunib. Pengumpulan data pretest dan posttest, dan analisis data menggunakan Uji Normalitas dan Paired-Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat pembelajaran komik digital meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks prosedur. Setelah intervensi, hanya 68.15% siswa mencapai ketuntasan pada pretest; namun, setelah intervensi, persentase ketuntasan meningkat menjadi 85.52% pada posttest. Nilai p untuk pretest adalah 0,453, dan nilai p untuk posttest adalah 0,062. Uji paired-sample t menghasilkan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.000, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat secara signifikan setelah menggunakan komik digital. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa komik digital membantu siswa belajar lebih banyak tentang materi teks prosedur. Kata kunci: Komik Digital, Teks Prosedur

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Aliterasi adalah Jurnal Pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Almuslim berdasarkan p-ISSN:2745-4649 e-ISSN: 2746-6132 pada tahun 2020. Aliterasi, Jurnal Pendidikan, Bahasa ...