Kolaborasi merupakan keterampilan penting abad ke-21 yang harus dikuasai oleh peserta didik untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. PjBL sebagai pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah nyata melalui proyek, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi ini dengan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber pustaka yang relevan, termasuk artikel jurnal, buku, dan laporan penelitian terkait dengan penerapan PjBL dan kemampuan kolaborasi di tingkat SD. Fokus utama mengidentifikasi efek implementasi PjBL terhadap pengembangan kemampuan kolaborasi peserta didik, serta untuk memahami berbagai factor yang mempengaruhi efektivitas model ini dalam konteks pendidikan dasar. Hasil analisis literatur menunjukkan bahwa implementasi PjBL dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik. PjBL memungkinkan peserta didik untuk bekerja dalam kelompok, berkomunikasi secara efektif, menyelesaikan masalah bersama, dan mengelola konflik dengan baik. Faktor-faktor dukungan institusi pendidikan, peran orang tua, dan sumber daya yang tersedia juga memengaruhi keberhasilan implementasi PjBL. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa PjBL adalah pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik di tingkat SD. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi pengembangan strategi pembelajaran dan kebijakan pendidikan di masa depan.
Copyrights © 2024