Yayasan Cita Cendikiawan Al Khwarizmi
Vol. 4 No. 1 (2024): Artikel Periode Mei 2024

Peningkatan Pengetahuan Guru dan Siswa Jurusan Tata Busana Dalam Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Kecerdasan Buatan

Af'idah, Dwi Intan (Unknown)
Handayani, Sharfina Febbi (Unknown)
Hidayattullah, Muhammad Fikri (Unknown)
Dairoh, Dairoh (Unknown)
Solikhin, Annur Riyadhus (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

SMK Negeri 1 Warureja menghadapi masalah kurangnya pemahaman tentang penggunaan kecerdasan buatan di kalangan guru dan siswa program keahlian tata busana. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) sangat berguna dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Materi kecerdasan buatan disesuaikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan mereka, dengan melakukan evaluasi awal menggunakan pre-test. Selama sesi praktik, peserta diberikan pelatihan langsung dalam penggunaan aplikasi berbasis kecerdasan buatan seperti AutoDraw, LookaLogoMaker, dan ChatGPT dalam konteks tata busana. Dosen dan mahasiswa memberikan pendampingan untuk membantu peserta dalam menerapkan konsep kecerdasan buatan dalam bidang tata busana. Evaluasi dilakukan melalui umpan balik dan post-test, yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta. Selain itu, melalui pendampingan yang intensif selama sesi praktik, para peserta dapat mengatasi kendala dan memperdalam pemahaman mereka tentang penerapan kecerdasan buatan dalam konteks industri tata busana. Hal ini memberikan landasan yang kuat bagi mereka untuk mengembangkan keterampilan yang relevan dengan tuntutan dunia kerja yang terus berkembang. Dengan demikian, program ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Negeri 1 Warureja, tetapi juga membuka jalan bagi para siswa dan guru untuk bersaing secara lebih efektif dalam dunia industri yang semakin terhubung dengan teknologi kecerdasan buatan. Melalui kolaborasi yang erat antara SMK dan institusi pendidikan lainnya, upaya bersama ini dapat memperkuat daya saing siswa dalam menghadapi tantangan masa depan yang kompleks.

Copyrights © 2024