COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 6 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Strategi Implementasi Pembelajaran Profil Pelajar Pancasila Kelas IV SD Al Bayyinah Muhammadiyah

Fathur Fachruzi, Muhammad (Unknown)
Suryadi, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang permasalahan degradasi moral dan karakter akademik yang ada di SD Al Bayyinah Muhammadiyah. Berdasarkan latar masalah tersebut, peneliti meiliki tujuan penelitian diantaranya 1) untuk mengetahui strategi implementasi pembelajaran profil pelajar pancasila di kelas IV SD Al Bayyinah Muhammadiyah 2) untuk mengetahui efektivitas strategi implementasi pembelajaran profil pelajar pancasila di kelas IV SD Al Bayyinah Muhammadiyah. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Metode yang digunakan adalah metode studi kasus, dengan mendeskripsikan hasil penelitian dan menggambarkan secara menyeluruh terhadap suatu keadaan. Pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan kualitatif dengan tahapan penelitian, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini menggunakan Teknik analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan empat peserta didik. Peneliti mendapatkan hasil, guru menerapkan tiga strategi pembelajaran secara efektif, yaitu strategi pembelajaran group individual learning, strategi pembelajaran penugasan, dan strategi pembelajaran kontekstual.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

comserva

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

The mission of COMSERVA : Indonesian Jurnal of Community Services and Devleopment as the result of community services activities. The activities are including the implementation of science development and applied technology to empower society and realize sustainable development. The journal ...