COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 11 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Peran Bauran Pemasaran Terhadap Kepercayaan Pasien Untuk Meningkatkan Kunjungan Klinik

Dewi Cipta, Parasamya (Unknown)
Satrio, Danang (Unknown)
Shofiyuddin, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan kunjungan pasien di Klinik Herbal UPTD BPSJ Kota Pekalongan. Bauran pemasaran yang mencakup elemen produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, dan bukti fisik dievaluasi untuk menentukan pengaruhnya terhadap keputusan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap keputusan kunjungan pasien. Meskipun demikian, elemen tertentu dari bauran pemasaran, seperti promosi dan kualitas produk, berkontribusi dalam meningkatkan citra klinik dan potensi kunjungan di masa depan. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi strategi bauran pemasaran dengan pendekatan yang lebih personal dan berbasis kebutuhan pasien untuk meningkatkan efektivitas kunjungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

comserva

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

The mission of COMSERVA : Indonesian Jurnal of Community Services and Devleopment as the result of community services activities. The activities are including the implementation of science development and applied technology to empower society and realize sustainable development. The journal ...