Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana minat belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi cara belajar efisien dan apakah layanan informasi cara belajar efisien berpengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi cara belajar efisien serta untuk menjelaskan pengaruh pemberian layanan informasi cara belajar efisien terhadap peningkatan minat belajar siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat belajar siswa sebelum diberikan layanan informasi cara belajar efisien yaitu 35% siswa yang memiliki minat belajar tinggi, 50% siswa yang memiliki minat belajar rendah dan 15% siswa yang memiliki minat belajar sangat rendah. Sedangkan sesudah diberikan layanan informasi cara belajar efisien maka terjadi peningkatan minat belajar yaitu 15% siswa yang memiliki minat belajar sangat tinggi, 70% siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan 10% siswa yang memiliki minat belajar rendah dan 5% siswa yang memiliki minat belajar sangat rendah. Berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulan bahwa pemberian layanan informasi cara belajar efisien berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa.
Copyrights © 2017