ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2024): ELIPS, Maret 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA DALAM SOAL CERITA PESERTA DIDIK

Nurlina, Nurlina (Unknown)
Rahmawati, Rahmawati (Unknown)
Nasir, A. Muhajir (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap kemampuan pemodelan matematika dalam soal cerita peserta didik kelas VIII SMPS Al-Ihsan Lekopancing. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan Desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Dalam penelitian ini sampel yang dipilih adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan tes hasil belajar peserta didik yang telah divalidasi oleh ahli. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,84 dengan kategori tinggi sedangkan rata-rata hasil N-Gain kelas kontrol 0,57 dengan kategori sedang. Berdasarkan analisis uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2- tailed) = 0,000 < 1/2 α = 0,0025 hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemodelan matematika dalam soal cerita peserta didik kelas VIII SMPS Al-Ihsan Lekopancing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...