ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2024): ELIPS, Maret 2024

PROFIL KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH LIMIT FUNGSI ALJABAR PADA SISWA SMAN 6 BONE

Anugerah, Andi Surya (Unknown)
Husnah, Asmaul (Unknown)
Suryanti, Suryanti (Unknown)
Asmal, Muthmainnah (Unknown)
Arsid, Irfan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa, sebab-sebab terjadinya kesalahan serta alternatif mengatasi kesalahan dalam menjawab soal limit fungsi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif yaitu menjejaki profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah limit fungsi aljabar pada siswa SMAN 6 Bone. Subyek penelitian terdiri dari 6 (enam) orang, yang dibagi dalam 3 (tiga) kategori yakni 2 (dua) orang kategori tinggi, 2 (dua) orang kategori sedang dan 2 (dua) orang kategori rendah.Hasil penelitian diperoleh dari jenis-jenis kesalahan yaitu kesalahan interpretasi bahasa (KIB) yang terdiri dari tidak memahami maksud dari soal yang diberikan. Kesalahan konsep dan prosedur (KPK) yang terdiri dari salah dalam menggeneralisasikan sifat-sifat limit fungsi aljabar, lupa penggunaan sifat-sifat limit fungsi aljabar dan tidak memahami prinsip perkalian sekawan. Kesalahan menggunakan data (KMD) yang terdiri dari salah dalam menggunakan data yang diberikan dan menambahkan data yang tidak perlu. Kesalahan teknis (KTK) yang terdiri dari keliru melakukan perhitungan, terbiasa menggunakan kalkulator, keliru melihat tanda, tidak ditemukan siswa yang mengalami kesalahan dalam penarikan kesimpulan (KNK) serta Kesalahan siswa yang tidak termasuk pada kelima kategori tersebut di atas (KKL). Sebab-sebab terjadinya adalah (1) tidak memahami apa yang menjadi pertanyaan pada soal yang diberikan (2) salah dalam menggeneralisasikan sifat-sifat limit fungsi aljabar, (3) lupa penggunaan sifat-sifat limit fungsi aljabar, (4) tidak memahami prinsip perkalian sekawan, (5) tidak teliti, (6) terpengaruh langkah–langkah penyelesaiannya soal limit fungsi aljabar, (7) keliru melakukan perhitungan, (8) terbiasa menggunakan kalkulator, (9) keliru melihat tanda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...