ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 1 (2024): ELIPS, Maret 2024

EFEKTIVITAS BUKU AJAR KALKULUS DERIVATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA

Taqwa, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar yang valid dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yaitu pengembangan buku ajar dengan model Plomp: (1) penyelidikan awal, (2) perancangan, (3) realisasi/konstruksi, (4) pengujian, evaluasi dan revisi, (5) implementasi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Andi Matappa. Instrumen penelitian: (1)lembar validasi buku ajar, (2) tes pemahaman konsep mahasiswa. Hasil penelitian.: (1) skor validitas isi dan reliabilitas buku ajar termasuk dalam kategori tinggi; (2) Ada peningkatan pemahaman konsep mahasiswa dengan rata2-rata ngain berada pada kategori medium. Buku Ajar kalkulus derivatif telah memenuhi kriteria valid, reliabel serta efektif dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa STKIP Andi Matappa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...