ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2024): ELIPS, September 2024

PROFIL NUMERASI SISWA KELAS X SMK DALAM MATERI PERMUTASI KOMBINASI BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIS

Tyas, Baiti Ni’mah Widaning (Unknown)
Pramasdyahsari, Agnita Siska (Unknown)
Budiarti, Risma (Unknown)
Utami, Rizky Esti (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui profil numerasi siswa kelas X SMK dalam materi permutasi kombinasi berdasarkan kemampuan matematika. Berdasarkan kemampuan matematika, siswa dibagi menjadi tiga kelompok, meliputi berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pada materi permutasi kombinasi. Subjek penelitian adalah tiga siswa kelas X AKL1 SMK Negeri 2 Semarang yang diambil dari tiap kategori yaitu siswa dengan kategori kemampuan tinggi, kemampuan sedang, dan kemampuan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan numerasi. Tes disajikan dalam bentuk soal sebanyak 2 nomor dan akan menggunakan 3 indikator kemampuan numerasi. Untuk menguji keabsahan data maka dilakukan proses triangulasi yaitu tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek dengan kemampuan tinggi mampu mengungkapkan 3 indikator, subjek kemampuan sedang mampu mengungkapkan 2 indikator, dan subjek kemampuan rendah hanya mampu mengungkapkan 1 indikator.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...