Kegiatan bermain puzzle ini bertujuan untuk menstimulasi otak anak usia dini. puzzle yang digunakan adalah puzzle yang bergambar hewan dan kendaraan dengan kepingan yang berbeda-beda diantaranya 9, 24, dan 30 kepingan. Tahapan pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dari tahap (1) studi pendahuluan; (2) identifikasi metode; (3) pelaksanaan kegiatan; (4) evaluasi dengan menggunakan metode metode diskusi, tanya jawab, demontrasi dan resitasi. Kegiatan bermain puzzle dilakukan dalam satu hari dengan melibatkan 15 orang anak usia dini dan 5 orang guru dari TK Pniel Manulai II serta 9 orang mahasiswa PGPAUD, FKIP, UNDANA. Hasil yang didapatkan yaitu berjalannya kegiatan bermain puzzle ini dengan optimal dan berkembangnya beberapa kemampuan anak seperti kemampuan daya ingat, kerjasama antar mata,tangan dan mata, anak mampu memusatkan pikiran dan berkonsentrasi dengan baik, dan menyusun puzzle dengan baik dan benar berdasarkan warna, bentuk, ukuran dan pola dengan kreatif dan imajinatif (memecahkan masalah).
Copyrights © 2024