IJELM (Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning)
Vol. 4 No. 01 (2024): Indonesia Journal of Education and Learning Mathematics (IJELM)

Analisis Model Pembelajaran PjBL pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pancasila di SMAN 1 Ngunut

Aprilia, Nabila Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam pelaksanaan projek penguatan profil pancasila (P5) di SMAN 1 Ngunut sebagai bagian dari penerapan Kurikulum Merdeka, dengan fokus pada kesesuaian pelaksanaan proyek berbasis masalah nyata serta tahapan pembelajaran yang dijalankan sesuai dengan prinsip konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis dokumen terhadap Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), khususnya pada modul P5 untuk Fase E dan Fase F. Hasil analisis menunjukkan bahwa struktur dan tahapan kegiatan dalam modul P5 di SMAN 1 Ngunut telah sesuai dengan karakteristuk PjBL yang meliputi aktivitas berbasis proyek, sementara guru berperan sebagai fasilitator. Siswa dilibatkan aktif dalam pengamatan, wawancara, diskusi kelompok, serta pembuatan produk akhir, sehingga mampu mendorong siswa membangun pengetahuan secara mandiri dan kolaboratif, serta mengembangkan kompetensi kritis, kreatif, dan sosial sesuai dengan Profil Pancasila. Namun, tantangan seperti kurangnya pemerataan partisipasi siswa dalam keja kelompok menjadi salah satu hambatan daam implementasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJELM

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

IJELM: Indonesian Journal of Mathematics Education and Learning is an information forum containing scientific research articles, literature studies, ideas, application of theory, critical analysis studies, and other research in the field of mathematics and mathematics education. But not limited to ...