Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 3 No. 5 (2025): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Mei

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA DIORAMA KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SDN 03 TAMAN MADIUN

Octavia Eka Ayuningtyas (Unknown)
Hartini (Unknown)
Ida Hayati Waluyaningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 SD Negeri 03 Taman pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila khususnya memahami materi tentang Keanekaragaman Sebagai Kekuatan. Penelitian ini melibatkan penggunaan metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dengan bantuan media “Diorama Keberagaman Budaya di Indonesia”. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi tiga tahap: pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Metodologi pengumpulan data pada penelitian ini mencakup observasi, dokumentasi, tes, serta wawancara. Subjek penelitian ini meliputi peserta didik kelas 5 di SD Negeri 03 Taman dengan total 15 peserta didik yang terdiri dari 6 peserta didik perempuan dan 9 peserta didik laki-laki. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwasannya implementasi model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dan media diorama “Keberagaman Budaya di Indonesia” pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dapat meningkatkan hasil belajar terhadap peserta didik kelas 5 SD Negeri 03 Taman pada materi tentang keanekaragaman sebagai kekuatan. Hal tersebut terbukti dari presentase pada siklus pertaman sebesar 46,67% atau 7 peserta didik berhasil mencapai tingkat ketuntasan belajar. Pada siklus kedua, jumlah peserta didik yang mengalami peningkatan ketuntasan belajar mencapai 86,67% atau 13 peserta didik. Berdasarkan analisis data dalam penelitian, presentase peserta didik yang belum mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar berkurang dari 53,33% menjadi 13,33%. Dapat disimpulkan bahwa pada presentase tersebut telah mencapai ketuntasan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran PBL dan penggunaan media diorama “Keberagaman Budaya di Indonesia” dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 5 SD Negeri 03 Taman pada tahun ajaran 2025/2026.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...