Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SDN 03 Taman pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penggunaan media permainan monopoli dengan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Subjek penelitian ini berjumlah 18 peserta didik, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dari 33,33% pada pra siklus dengan nilai rata-rata 57, menjadi 77,77% pada siklus I dengan rata-rata 67, dan mencapai 88,88% pada siklus II dengan rata-rata nilai 79. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa penerapan media monopoli pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan model TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2025